sabato, febbraio 21, 2004

KALA CINTA MENGGODA

Sejak jumpa pertama si Vira gue langsung jatuh cinta. Ga peduli cemoohan teman-teman yang dilontarkan dengan pedis.
"Sadar dong Kris! Elu siapa, Vira siapa. Jangan bagai punduk merindukan bulan gitu dong!" protes Erwin sahabat dekat gue. Cuek, gue cuek! Gue ketemu Vira di pesta ulang tahun salah seorang teman kelas. Kesana dengan jeans dan kemeja andalan, gue percaya diri masuk pesta. Gile bener, itu pesta apa reuni selebritis sih? Yang ke pesta itu semuanya bak artis. Gue sadar, langsung memisahkan diri dari yang lain begitu habis kasih selamat. Lalu, begitu lagu slow dance mengalun, tanpa gue sadari, seseorang menjawil lengan gue. Begitu menoleh, bujubuneng ... cakep amat. Cewek, tinggi, putih, seksi dengan senyum memikat ngajak gue slow dance! Modal nekat, dari awal sudah nekat sih, gue terima ajakannya. Slow dance, menghirup aroma cewek seksi itu dengan leluasa. Gile .. mimpi apa yah gue?

Itu kejadian satu bulan lalu. Tau ga, kalau gue langsung jatuh cinta? Sejak saat itu bayangan cewek itu, yang bernama Vira, ga mau lepas dari otak gue. Kemana pun gue pergi, bayangannya terus membuntuti. Sampai-sampai otak gue jadi buntu karenanya. Ga konsen ke pelajaran, ga konsen kalau diajak ngobrol, sampai-sampai Erwin lebih sering teriak-teriak ke telinga gue.
"Sompret lu! Gue blum budeg tauk!" semprot gue. Enak saja main teriak gitu.
"Lah elu sih, diajak ngomong malah ga nyaut. Keki gue lihat tingkah lu Kris!" balas Erwin ga mau kalah. Bukan salah Erwin sih, siapa coba yang ga kesal kalau diajak ngobrol malah teman ngobrolnya asik sama pikirannya sendiri?
"Sorry Win .. gue kepikiran si Vira." Erwin terkekeh.
"Sadar bung .. Vira itu foto model! Vira itu punya kehidupan yang high class banget. Ga kayak kita .." betul. Erwin memang betul. Siapa sih yang ga kenal Vira? Kecuali gue tentu saja. Akibat dari kurang bergaulnya gue, sampai ga tau kalau cewek yang ngajak gue slow dance itu Vira, foto model yang tenar itu. Sebodo ah sama profesinya. Gue cinta! Cinta mati!

Gue belum pernah ketemu Vira lagi setelah pesta itu. Sebulan sudah. Bagi Vira mungkin malam itu adalah end of the story with the poor guy like me. Tapi bagi gue, Vira adalah mimpi yang harus gue wujudkan. Gue hidup dalam angan-angan semu. Sial ... cinta kok tumbuh di tempat dan pada orang yang tidak tepat pula? Maki gue dalam hati. Fiuh. Tapi gue nekat, bila nanti gue dikasih kesempatan buat ketemu Vira lagi, gue bakal bilang "Vir, gue cinta ma elu .." yeah, mo diketawain atau ditolak kek terserah, yang penting hati gue plong.

Sore ini gue bareng Erwin berencana ke toko buku. Ada buku yang harus dibelinya, gitu kata Erwin. Gue sih lebih percaya kalau Erwin bilang mau ketemu mbak penjaga kasir yang imut itu. Cari buku murah, tapi ngobrol di tempat kasir bermenit-menit, sampai orang yang antri di kasir jadi sepanjang ular naga. Kalau gue ga pura-pura sakit perut, barangkali manager toko buku bakal nempeleng si Erwin dan memecat si kasir!
"Mang elu mau cari buku apa Win?" tanya gue sembari mengekori langkah Erwin di bagian buku info teknologi. Wih, gaya doang si Erwin. Gaptek alias gagap teknologi, tapi muter-muter di situ.
"Cara cepat memasak pakai monitor. Ada ga yah?" *cetakz* ga tahan gue jitak palanya. Erwin nyengir kuda, padahal tampangnya dah mirip kuda.
"Ondel-ondel kejepit bis! Gue kan nyari. Kalau ga ketemu ya udah, pulang." dasar ga modal.
"Iya iya, kalau ga ketemu, ngobrol dulu sama mbak yang jaga kasir kan?!" celetuk gue. Erwin nyengir lagi. Mau muntah gue lihat tampangnya.

Tapi, gue ga jadi muntah. Tunggu dulu .. di kejauhan, di bagian komik, ada sosok yang menggelitik hati gue. Itu kan Vira? Gue meraih tangan Erwin dan meremasnya kuat. Erwin kaget.
"Kris, apa-apaan sih? Berubah jadi gay lu?" tanya Erwin sambil menghempaskan tangan gue. Ya ampun, betul itu Vira! Vira yang selama ini terus membayangi gue.
"It it it .." gue gugup. Erwin tambah kesal.
"It is a book gitu? gue juga tau .. ga lucu ah!" komen Erwin sambil terus puter-puter, lihat sana sini sambil sesekali matanya melirik ke arah kasir.
"Itu Vira ..." dan blank. Saat gue bilang gitu dengan pandangan bak orang kena epilepsi, Vira juga lagi menoleh, sekilas, menatap gue dan tersenyum. Vira melambai dan berjalan ke arah kami.
"Hai, kalian temannya Santi kan? Masih ingat gue ga? Gue yang malam itu dance ma elu .." kata Vira, pasti dan percaya diri. Gue mengangguk. Erwin melongo, ga nyangka cewek seperti Vira bakal samperin kita gitu.
"Eh ya .. iya .. masih ingat ternyata." kata gue jaim. Igh, sebel deh, kok jaim gini! Gue harus ngomong .. ngomong cinta ... seperti niat gue kalau ketemu Vira.
"Vira .. gue cinta elu .." tanpa basa basi, tanpa tedeng aling-aling, gue bilang gitu. Erwin sampai menjerit keki sama tingkah gue. Cuek! Vira bengong kayak sapi ompong. Erwin ga puas jejerit, kaki gue jadi sasaran pijakannya. Gue nelan ludah. Selesai sudah, gue plong. Horeeee, gue dah bilang cinta ke Vira.

Vira masing bengong, berdiri ditempatnya tanpa bergeser sedikit pun. Gue ikut-ikutan bengong, ga tau harus bagaimana, kata-kata itu meluncur dengan pasti dari lidah gue. Erwin gemas lihat tampang gue. Vira, segera tersadar. Syukur deh dia sadar, ga bengong lagi. Kalau masih bengong terus, gue bopong pulang ke kost gue deh.
"Uhm .. aduh sorry yah, gue buru-buru." plasss ... plaks, kata-kata Vira itu bagai tamparan keras di pipi gue, kalau gue masih punya pipi sih. Vira berlalu dari hadapan kami tanpa menoleh lagi. Erwin menjewer telinga gue.
"Gila lu ye, bilang cinta di sini. Adih, ga tau malu, muka tembok lu, kulit badak!!!!!!!!!!!!! Kris, sadar ga sih lu!! Jangan-jangan demam nih!" omel Erwin. Gue tersenyum puas.
"Biyarrrrr yang penting gue plong sekarang." sahut gue cuek. Rupa-rupanya supervisor toko buku itu telah memperhatikan tingkah kita berdua dari tadi. Gue colek Erwin, ngajak dia pulang sambil nunjuk-nunjuk sang supervisor pakek bibir. Erwin dengan langkah seribu menarik tangan gue keluar dari toko buku.

Sampai di kost, gue baring. Erwin duduk bersila sambil bolak balik majalah bola satu-satunya milik gue. Fiuh.
"Kris, tadi elu sadar ga .. pas bilang cinta ke Vira." gue noleh. Erwin lagi natap serius ke arah gue.
"Sadar, sadar banget. Emang napah? Lu kan tau, gue ini paling ga bisa basa basi sama cewek. Gue juga kadang suka sembunyiin urat malu di balik jantung ... huehuehuehueheuehu" gue ketawa, Erwin juga.
"Tapi Vira kayaknya shock berat tuh. Dia pasti ga nyangka bakal ditembak cowok jelek yang ga tau malu kayak elu Kris .." sesal Erwin. Bleh.
"Ga pa pa ... terserah kalau dia shock. Tapi Win, tau ga, setelah gue bilang gitu dan Vira berlalu begitu saja, gue jadi lebih ringan. Saat ini gue pengen ngelupain bayang-bayang Vira Win ..." kata gue. Erwin berdiri, melempar majalah bola usang itu ke wajah gue. Gue ngakak. Ngakak sumbang.
"Ya syukur deh kalau gitu. Elu bisa nyambung lagi kalau gue ajak ngobrol. Cewek kayak Vira itu, bukan level kita Kris." nasehat Erwin sambil menatap ke luar jendela.
"Hu`uh, tepat sekali. Kita mah levelnya Janet Jackson yah?!" sambar gue.
"Iah, Janet Jackson atau Neve Campbell!" gue bangkit ke jendela, tozz sama Erwin.

Hari ini matahari dengan garangnya memanggang bumi. Gue duduk santai di bawah pohon johar deket ruang BP. Nunggu Erwin, dia dipanggil guru BP gara-bara omongan sarunya di kelas tadi pagi. Lagi sial saja sih, kebetulan pas si Erwin ngomong, pas si ibu gendut yang namanya Humgihsemringis itu lewat. Dan jadi lah jam istirahat pertama Erwin dipanggil menghadap. Rasain lu, diceramahin lima belas menit sama bu Humgihsemringis!! Gue lagi santai duduk-duduk pas tiba-tiba muncul si Santi. Santi, empu pesta hampir dua bulan lalu itu, pesta yang bikin gue jatuh cinta sama Vira.
"Kris!!!!" Santi melambaikan tangannya dan berlari kecil ke arah gue. Gue rapihin duduk, takut ziper celana gue merosot hueheue.
"Eh elu San .. ada apa? Nyari gue yah? Minta tanda tangan?!" ujar gue begitu Santi telah dengan amat sangat manisnya duduk di samping gue. Wah, jangan-jangan setelah Erwin, gue nih yang dipanggil bu Humgihsemringis, dikira pacaran saat jam sekolah!
"Whuuu .. gaya lu Kris. Gue emang cariin elu, tapi bukan mau minta tanda tangan loh .. gue mau kasih ini, undangan ulang tahun dari Vira." deg! Jantung gue mau copot rasanya, untung akar jantung gue kuat. Vira sudah mulai gue lupakan muncul lagi dalam bentuk undangan.
"Ulang tahun? Kok ngundang gue juga San? Kan gue bukan temannya dia." kata gue, jaim. Biasa, cowok, butuh jaga imagenya dikit dong. Santi tertawa pelan. Lebih mirip pelecehan di telinga gue, busyet dah.
"Masa bukan temannya sih Kris? Trus yang nyatain cinta blak-blakan di toko buku itu siapa dong ehehehe ..." deg! Kali ini akar jantung gue copot satu. Gue terbeliak. Jadi Vira sudah cerita ke Santi? Tidak! Gue nanti masuk majalah dong!!!!!
"Eh Kris, gue ma Vira tuh masih sodaraan lagi. Tiap hari telpon-telponan!" deg! Akar jantung yang kedua mulai tercabut.
"Ampun deh San .. gue emang cinta mati ma Vira sejak pesta ulang tahun elu, dan nyatain cinta itu sudah komit gue kalau dikasih kesempatan ketemu Vira sekali lagi. Gue tau Vira nolak, cewek seperti Vira ga sepi dari cowok-cowok keren yang kaya dan dari lingkungan yang sama. Sekarang gue dah sadar, gue yang super duper sederhana ini ga mungkin sama Vira .. hehehe ..." penjelasan gue, meskipun rada jayus, pasti bisa bikin Santi mengerti.
"Iya iya.. gue tau .. Eh, Vira pesen, jangan sampai ga datang loh Kris." Santi mengedipkan sebelah matanya dan berlalu dari situ.
"Maksih San undangannya ... " teriak gue. Bleh, undangan ulang tahun. Gila, gue masih diudang juga setelah tragedi di toko buku itu?
"Undangan apa Kris..." tau-tau Erwin sudah duduk di samping gue dan merampas undangan itu dari tangan gue.
"Ulang tahun Viraaa???!!!!!!!! Cewek itu apa ga tobat berhadapan sama elu Kris?! Busyet dah!" Erwin histeris sekejap. Gue bekap mulutnya.
"Psttt.. awas kedengaran gebetan lu dari ruang BP ..." gue cepat-cepat berlari, menghindari lemparan batu Erwin.

Besok malamnya, malam ini, gue dandan rapih, ga rapih sih. Tapi untuk ukuran gue, jins dan kemeja 'andalan' ini cukup lah. Pintu diketuk, Erwin muncul dengan penampilan yang amboi, bikin gue mau muntah.
"Huekkkkk gue mau muntahhhh .." Erwin cepat-cepat buka jendela. Sial, dia dah muntah duluan.
"Ngidam lu Win?" tanya gue cuek sambil sisiran.
"Krisssss ... elu tuh mo ke pesta ulang tahun cewek yang pernah jadi incaran lu! Cewek yang hidup sosialnya berbeda banget ma kita! Dudutz! Masa pakek jins ma kemeja murah gitu?! Pinjem jas ma dasi bapak kost dong!" seloroh Erwin. Gue cuek menyambar jacket dan berlalu.
"Mau ikut ga? Kalau ikut, no koment sama penampilan gue, oke? Nah elu, sudah kayak sales jamu kuat!" ledek gue. Erwin meninju bahu gue garang. Hehehe, gue mengunci pintu.

Gue dan Erwin muter-muter pakai motor gede Erwin di kompleks perumahan mewah, kompleks perumahan Vira. Namun ga satu pun suasana pesta nampak di mata kita.
"Nomer dua belas Be. Harusnya yang ini yah Kris ..." kata Erwin sambil mencocokan alamat di undangan sama nomor rumah dihadapan kami. Rumah gede, gede banget, dengan garasi yang cukup memuat empat mobil, taman dengan lampu-lampunya plus gerbang tinggi.
"Gimana?" tanya Erwin minta pendapat. Gue nekat aja turun dari boncengan, mendekati gerbang dan memencet tombol yang ada disana. Menunggu. Erwin turun dari moge-nya, berdiri disamping gue.
"Coba aja Win, kalau ini bukan rumah Vira, kita cabut!" jawab gue. Seseorang berlari dari dalam, pembantu.
"Eh .. apa anak berdua ini temannya non Vira, den Erwin sama den Kris?" tanya pembantu itu sopan. Oh la la, seperti pangeran yang telah ditunggu putri impian. Gue dan Erwin mengangguk cepat. Si bibi segera membuka gerbang, moge Erwin didorong masuk.

Gue dan Erwin ngekorin si bibi. Gendeng, rumah segede aula mpr gini, ck ck ck. Erwin terkagum-kagum. Gue percaya diri masuk. Di dalam, ga ada pesta apa pun, yang ada Vira, dengan balutan sackdress hitam dan rambut di gelung duduk ditengah keluarganya. Ya Tuhan! Keluarganya! Gue hampir saja mau balik kanan pulang kalau suara Santi tidak bergema dengan jelas.
"Hoiii Kris, Erwin .. nah tuh mereka datang ..." semua mata menatap kita berdua. Lebih ke gue. Gue seperti striptis cowok yang lagi nari-nari saru di depan mereka. Gue, sumpah, tengsin habis.
"Malem Vira, San .. om tante semua." kata gue sopan. Yeah, penampilan boleh ancur, tapi sopan santun tetap dijaga.
"Malem, ayuk duduk sini." jawab si mami. Mami Vira! Papi nya senyum-senyum dengan pipa tembakau di bibirnya. Beberapa kerabat lain tersenyum ke arah gue. Entah senyum manis atau senyum melecehkan.
"Papi, mami, mbak Siska, mas Rangga ... ini Kris, cowok yang Vira ceritakan itu." penjelasan Vira sudah cukup bikin kuping gue panas. Apa sih yang diceritakan Vira? Gue ngemis duit ke dia? Sorry lah yah! Entah bagaimana, tiba-tiba tinggal gue bertiga orang tua Vira di ruang tamu gede itu. Gue blingsatan, sial si Erwin, pergi kemana dia, Santi tolong gueeee .. Vira, gue nyesel menghadiri undangan elu! Rutuk gue dalam hati.

"Nak Kris. Tante dan om tau, nak Kris mungkin merasa risih malam ini, sebenarnya ini atas ide tante kok." mami Vira, yang ternyata baik itu membuka pembicaraan. Gue duduk sopan, ga mengekeret, gue ga salah kan kalau pernah bilang cinta ke anak mereka? Gue punya hak untuk itu! Hak?! Hak bleh!
"Iya tante, saya risih ..." jawab saya membenarkan.
"Kenapa harus risih?" tanya papi Vira tanpa disangka-sangka.
"Ngg .. " gue ga bisa nerusin. Kenapa harus risih coba ...
"Perlu nak Kris ketahui, dalam keluarga ini, demokrasi dan musyawarah adalah prinsipnya. Kejujuran putra putri kami adalah hal yang paling diutamakan. Termasuk perasaan mereka, hati mereka. Vira sudah menceritakan semuanya, sejak kalian berdansa di pesta ulang tahun Santi, sampai Kris bilang cinta secara blak-blakan di toko buku." mati gue .. untung gue ga suka pipis di celana, najis dan kotor!
Dan bla bla bla ... gue sedang bermimpi! Gue pasti mimpi! Gue pasti lagi hanyut dalam mimpi ... Gue bengong setelah mendengar apa yang dibilang orangtua Vira. Keluarga demokrat sekali. Makhluk-makhluk yang tadi gue harapkan kehadirannya menenin gue tiba-tiba muncul semua, dengan kue ulang tahun dan nampan berisi minuman. Sebelum tiup lilin, Vira diharuskan make a wish terlebih dahulu, kita semua berdiri.

Vira memandang gue. Gue balas tatapan indah bola matanya itu.
"Vira minta Kris untuk berdiri disini bersama Vira." belum gue melangkah, Erwin dan Santi sudah mendorong-dorong gue. Gue beridiri disamping Vira.
"Sebenarnya harapan ini sudah Vira ucapkan saat ulang tahun Santi. Tapi kali ini Vira tambahi sedikit ... Tuhan, semoga di ulang tahun Vira ini, Kris benar-benar serius dengan kata-katanya di toko buku tempo hari. Vira ingin Kris tau, kalau Vira juga cinta sama dia .... fffuuuuhhhh" habis bilang gitu Vira meniup lilinnya. Yang hadir tepuk tangan, segelintir orang untuk pesta ulang tahun anak orang kaya. Orang tua Vira segera menghilang dari acara anak muda itu. Tinggal lah kami ... kerabat Vira juga pamit satu persatu. Tinggalah kami. Saudara Vira kemudian pamit, tinggalah kami. Gue, Erwin, Vira dan Santi. Santi dan Erwin kemudian entah hilang kemana, tinggalah gue berdua Vira. Gue tatap matanya.
"Vir .."
"Kris .." busyet, mau ngomong saja bisa bebarengan. Vira tertawa.
"Elu duluan deh Kris ..." Vira mengalah, sandaran di sofa empuk, menunggu gue bicara. Gue menarik napas ...
"Vira, gue ga nyangka kejadiannya bakal seperti ini. Orang tua elu oke-oke saja kalau kita pacaran, elu ternyata cinta juga sama gue .. Suer Vir, gue ini ga ada apa-apanya selain cinta .." kata gue jujur. Vira tersenyum.
"Gue juga mau minta maaf ke Kris ... Dalam keluarga gue, anak-anak harus jujur sama orang tua, agar orang tua tau apa yang dimaui dan diinginkan oleh kami. Saat gue melihat cowok dengan penampilan seadanya di pesta ulang tahun Santi, gue sudah bercerita ke papi dan mami. Papi dan mami menyerahkan semua ke gue. Gue memang rencananya bakal ngundang Kris di acara ulang tahun ini, pesta kecil bersama keluarga. Ga disangka, elu justru nembak gue di toko buku. Sorry, gue kaget, cepet-cepet pulang, bukan karena gue ga suka, tapi karena gue ga sabar menceritakan ini ke papi mami dan Santi. Maaf yah ..." duh Vira, tau ga, gue hampir seratus persen ngelupain elu! gue hampir seratus persen membunuh cinta gue ke elu! Kris, mimpi apa lu semalam, batin gue.
"Gue cinta elu Vir .. cinta mati .." kata gue akhirnya. Gue ga bisa basa basi.
"Gue juga Kris .." kata Vira.
"Tapi gue bahkan ga menyiapkan hadiah ulang tahun buat elu, kantong gue kempes hehehe" canda gue dengan tampang memalukan. Vira tertawa.
"Itu yang gue suka dari elu Kris, elu selalu apa adanya. Elu bukan seperti cowok-cowok yang gue kenal. Elu beda, itu yang bikin gue cinta." kata-kata Vira itu melambungkan gue sampai langit ke tujuh. Gue dekatin Vira, gue kecup bibirnya sekilas. Hmm cinta benar-benar menggoda! Gue pulang ...

Di kost gue, Erwin dan gue masih belum bisa tidur. Terbayang-bayang pesta mungil di rumah Vira yang gede. Gue senyum-senyum sendiri.
"Mulai dah ... tulalitttttttt ... gue bakal ngomong sama patung dewa siwa nih." komentar Erwin. Gue lempari dia sama bantal.
"Ga ding .. gue ga tulalit, paling-paling juga cuekin elu Win." sahut gue cuek. Erwin balas melempari gue sama guling.
"Selamat ya Kris, akhirnya ... memang betul, cinta itu harus apa adanya, ga usah dibuat-buat, ga usah terlalu direncana ... justru yang pakai banyak rencana bakal gagal ..." Erwin kembali meracau. Betul juga sih.
"Hu`uh, gue juga ga nyangka kalau orang tua Vira ternyata baik banget." Erwin manggut-manggut.
"Trus, besok ke toko buku ga?" tanya gue. Erwin kaget.
"Toko buku? Ngapain?!" tanya Erwin pura-pura bego.
"Kuda lu! Mbak yang jaga kasir itu gimana ..." pancing gue. Erwin terseyum jijay dengan cengiran yang membenarnya tampangnya mirip kuda.
"Oh itu, keciiiilllll ... tenang saja Kris ..." giliran gue manggut-manggut. Kalau memang si mbak suka ma Erwin juga sih, syukurlah. Biar kita ga keseringan jadi orang gila muter-muter di toko buku. Pikiran gue kembali ke Vira.

Gadis cantik itu memilih gue. Dia ga milih cowok-cowok yang berasal dari lingkungan yang sama dengannya. Gara-gara gue, Kris si anak kost yang super sederhana ini, punya kharisma poor yang dahsyat! Gue senyum-senyum sendiri. Vira, gue cinta elu! Saking senangnya gue ga sadar meramas rambut Erwin.
"Gelo lu Kris! Sadar bung, ini gue, Erwin, bukan Vira!!!!!!!!!!!!!!" jerit Erwin di tengah malam buta, gue sadar, ngakak lebar. Betul-betul kala cinta menggoda, kita ga bisa berbuat apa-apa yah?

tootyee, 10 Feb 04

0 Commenti:

Posta un commento

Iscriviti a Commenti sul post [Atom]

<< Home page