sabato, febbraio 14, 2004

NOT JOMBLO ANYMORE

Awalnya gue ga ngerti jomblo itu apa. Mencari tau dalam kamus pun gue ga mau. Tapi akhirnya, berdasarkan cerita yang tertiup angin, gue ngerti juga, jomblo itu ya jomblo. Sendiri, ga punya pasangan! Walhasil gue malu juga, soalnya gue termasuk dalam lingkaran jomblo. Sudah sma kelas dua, tapi belum punya pacar. Pernah sih kepikiran nembak cewek yang gue suka, tapi niat itu cepat-cepat gue urungkan, gue ga berani nanggung resiko terluka akibat ditolak cewek. Mending gue diam-diam saja kan? Bodohnya, kalau gue diam, mana cewek tau kalau gue cinta sama mereka! Yakz, gue sendiri asli masih suka sendiri alias ngejomblo. Ntah sampai kapan, yang penting ngejomblo dulu lah.

Bukan sekali dua temen gue datang bawa kabar baik. Kasih info kalau si Anu naksir gue, si B suka gue, si C pengen gue jadi pacarnya. Waw, ternyata banyak yang naksir gue yah? Sisi hati gue yang lain bersorak sorai, mulai bikin daftar pilihan yang mana yang cocok ma gue. Tapi sisi hati yang satunya lagi mengutuk gue habis-habisan. Sanggup ga gue punya pacar? Sanggup ga gue melayani pacar gue kelak? Sanggup ga gue nerima kenyataan kalau pacar gue itu nantinya berselingkuh? Sanggup ga gue dimaki-maki keluarganya? Sanggup ga gue nyatuin dua pikiran yang berbeda? Well, gue cowok egoistis yang kadang lebih suka mementingkan diri gue sendiri. Gue suka kebebasan! Gue lebih suka ngejomblo!

Kebebasan dan kesendirian gue pada suatu hari terusik. Bayangkan, dengan beraninya si Rani ngirim surat ke gue! Busyet dah, gue cowok, masa dikirimi surat duluan sama cewek? Emang gue bencong apa? Isi suratnya bikin gue mau muntah! Ga ada kata-kata romantis sih, hanya gue pikir, apa pantas, Rani yang ga tau gue luar dalem berani menyerahkan seluruh cintanya ke gue. Rani kan ga tau kalau tidur gue suka ngorok, Rani ga tau kan kalau gue ini perokok kelas berat meskipun nampak manis di sekolah, dia juga ga tau kalau gue kadang suka punya pikiran ngeres kalau lihat cewek seksi. Gila ga tuh?! Bahkan Rani bilang kalau dia ga main-main cinta ma gue. Masya Allah, dunia dah terbalik apa yah. Surat itu gue simpan begitu saja di laci meja belajar di kamar. Segera gue lupakan setelah melakukan aktifitas harian gue. Menikmati hidup dengan ngejomblo, manis kok rasanya.

Sebulan, dua bulan, lima bulan gue naik ke kelas tiga. Gue bahkan hampir sudah melupakan surat dari Rani kalau cewek manis itu tidak dengan berani datang ke rumah gue! Ampun mak, mami sampai interogasi gue setelah si Rani pulang.
"Den, gue cinta elu. Sumpah, berbulan-bulan gue nunggu balasan surat dari elu, tapi ga satu pun surat itu datang. Den, gue manusia, punya rasa. Gue rasa elu juga manusia kan? Punya rasa juga kan?" kata Rani sore itu. Gue duduk bengong kayak sapi ompong di ruang tamu, nemenin Rani nyeloteh sendiri.
"Jadi gue harus bilang apa? Gue ga bisa bilang cinta kalau gue ga cinta Ran. Sedangkan surat elu itu seolah-olah memaksa gue buat nerima elu! Sumpah Ran, gue ga bisa." gue berkata jujur. Rani memang manis, hidungnya bangir, matanya seperti bola pimpong, rambutnya yang panjang dibiarkan tergerai bebas tertiup angin. Lalu apa karena itu gue bisa jatuh cinta?
"Den, gue pulang. Sampai kapan pun gue tunggu elu ..." belum sempat gue jawab, Rani sudah keluar dari rumah gue. Gue terdiam sampai mami datang menghampiri gue. Bertanya macam-macam, lebih tepatnya menginterogasi gue.

Kelas tiga smu ini gue lebih sibuk dari kelas dua. Para guru yang terhormat seolah-olah ga mau murid kelas tiga bersantai sejenak. Dalam sehari pe er bisa bejibun melebihi tumpukan salak yang dijual di pasar! Gue sampai puyeng mikirin sekolah. Belum lagi ulangan harian yang setiap hari membutuhkan energi yang tidak sedikit. Eh, si Rani malah lebih gencar menghubungi gue. Setiap hari ada saja sms yang masuk darinya. Anjrit dah yang sudah membocorkan nomor hp gue ke Rani. Gue sampai sumpah-sumpah tujuh turunan. Ini anak-anak maunya apa sih? Gue dipaksa harus mencintai Rani gitu? Bleh.

++Den, malam nanti ada acara ga? Temenin gue ke rumah sodara dong-Rani. Sms itu ga gue balas. Ga pernah satu pun sms Rani yang gue balas. Nganterin Rani ke rumah sodaranya? Bagaimana bisa! Ah Rani, elu tuh seperti benalu yang mengganggu hidup gue! Yang mengganggu ke-jomblo-an gue tau! Gue merutuk sendiri setiap kali datang sms dari Rani. Apa sih maunya? Walhasil dengan kekesalan segudang, gue samperin Rani di suatu siang saat jam istirahat sekolah. Rani terpana melihat kedatagan gue.
"Ran, plis, hentikan sms-sms lu selama ini. Gue terganggu." kata-kata gue yang tanpa basa basi itu membuat Rani tersentak. Bola matanya yang bening mulai berair. Shit! Gue ga suka lihat cewek menangis. Gue berlalu dari situ tanpa ba bi bu lagi. Gue kesel.

Rupanya tindakan gue telak mengena hatinya. Sejak siang itu Rani sudah ga berani sms-in gue lagi. Rani seakan menjauh dari gue. Syukurlah, begitu kata hati gue. Gue menyukai kesendirian gue. Gue happy kok. Kemana-mana sendiri. Kadang pergi bareng temen cowok, kadang nganterin mami dan papi. Gue suka ngejomblo. Apa karena gue anak tunggal dan terbiasa hidup sendiri tanpa sosialisasi? Ga juga tuh, buktinya gue baik-baik saja bersahabat dengan teman-teman sekolah gue. Gue baik-baik saja dengan keadaan gue ini. Gue ga rendah diri kok meskipun ngejomblo. Gue lebih suka gitaran di kamar, hunting filem terbaru atau nongkrong bareng teman-teman sekelas di kantin. Ngecengin cewek cakep di tempat hiburan anak muda tanpa beban sedikit pun. Hidup gue normal-normal saja tuh, sampai Rani dengan berani-beraninya ngirim surat, datang ke rumah gue dan sms-in gue saban hari! Huh ...

Ga terasa ujian ebtanas kian dekat. Yess, kalau gue lulus smu, gue bakal ngelanjutin kuliah di Jogja. Gue lebih memilih Jogja ketimbang kota-kota lainnya. Niat gue, harus bisa masuk UGM. Gue toh punya otak brilian juga. Dan impian gue betul-betul terwujud. Gue lulus dengan nilai yang memuaskan, diterima kuliah di UGM setelah ngikutin UMPTN, dan gue pindah ke Jogja. Hidup mandiri di kost berbaur dengan teman-teman dari berbagai daerah lainnya yang juga menuntut ilmu di Jogja ini. Terus terang, sampai gue diterima di UGM sini, Rani telah betul-betul hilang dari otak gue. I'm free like a bird lah!

Kehidupan kota besar yang enak. Enak dan bikin gue jadi badboy. Awal kuliah gue masih jadi anak manis yang selalu ada setiap di telepon mami dan papi. Finansial gue memang ga terbatas. Barangkali karena gue anak satu-satunya, mami dan papi selalu menuruti kehendak gue, mengirimkan digit-digit gede ke atm gue tanpa pikir dua kali. Itu awalnya, karena setahun kemudian gue mulai mengenal ganja. Ga sengaja sih, seorang teman kost menawarkannya untuk gue. Gue nolak, ga berani. Tapi cemoohannya dan iming-iming gue bakal melayang-layang kayak di surga memberanikan mental gue untuk mencoba. Memang enak, enak dan menyesatkan. Dari ganja gue lari ke inex. Awalnya hanya brani setengah, trus berani satu. Ga puas sama inex, gue lari ke putaw. Seperti kata orang, semakin lama semakin ketagihan, gue akhirnya berkubang shabu-shabu. Duit kiriman orang tua yang niatnya untuk biaya kuliah dan tetek bengeknya gue pake buat nyabu bareng temen kost. Gue betul-betul jatuh saat itu. Seminggu bisa tiga kali gue nyabu. Teman gue bagian tabung ma sedotan dan lain lainnya, gue bagian shabu-shabunya. Sumpah, nurani gue terus menerus membunyikan sirene untuk berhenti. Tapi ego gue lebih kuat. Gue cowok, apa salahnya mencoba? Meskipun boleh dibilang, gue bukan sekedar mencoba lagi, melainkan sudah menjadi pecandu narkoba!!!!!

Tubuh gue semakin kurus dan ringkih. Kuliah keteteran dan duit habis buat beli shabu-shabu yang ga murah itu. Sampai suatu hari saat lagi ngikutin kuliah, gue Sakaw! Keringat dingin, mulut berbusa, kejang-kejang. Gue dilarikan ke rumah sakit oleh teman-teman kuliah atas perintah dosen. Gue ga sadar apa yang terjadi, gue seolah-olah tertidur selama bertahun-tahun. Gelap! Apa yang gue temuin saat gue membuka mata adalah hal yang bahkan bisa bikin gue nangis. Rani duduk dengan cemas disamping tempat tidur rumah sakit. Matanya yang seperti bola pimpong itu memerah, kantung mata bagian bawahnya menghitam. Tangannya meremas-remas tangan gue. Gue sesaat bingung, gue dimana? Di rumah sakit sih iya, tapi apakah gue masih di Jogja? Kenapa Rani bisa ada di sini? Mami papi apakah telah mengetahui hal ini? Mati gue!!

"Den! Deny!! Alhamdulillah ... Akhirnya elu sadar juga .. bentar yah gue panggil dokter." Rani, masih seperti yang dulu. Yang berubah hanya matanya, nampak letih dan sayu. Gue menatap dinding rumah sakit yang putih. Menarik napas panjang. Dokter masuk kamar bersama Rani dan seorang perawat. Entah apa yang dilakukan terhadap tubuh gue, kegiatan medis lainnya. Gue pasrah. Setelah dokter pergi Rani kembali ke kamar, duduk di samping tempat tidur menatap gue prihatin dan penuh cinta. Bleh! Cinta lagi! Gue jomblo!!!

"Syukurlah Den, elu belum seberapa parah. Elu ga sampai ikut rehabilitasi. Elu masih bisa diselamatkan. Elu sakaw saat ngikutin kuliah. Gue ... gue selama ini kuliah di UII Den, biar lebih dekat sama lu, paling ga kita se kota dan gue masih bisa tau berita lu dari temen gue yang kuliah di UGM" sahhhhh, seperti itu kah cinta? Rela melakukan apa saja demi orang yang dicintai? Rela mengikuti kemana cintanya pergi? Saat Rani menyentuh tangan gue, hati gue bergetar. Cewek ini, cewek yang pernah gue tolak, cewek yang pernah bikin hati gue kesal bukan main, ada di sini, merawat gue, nemenin gue, mengaku sebagai kerabat gue ke pihak rumah sakit. Belakangan gue tau, Rani lah yang menanggung semua biaya yang ditagih oleh pihak rumah sakit! Shit! Satu yang bikin gue lega, mami papi tetap ga tau menahu soal ini. Thanks God.

Sebulan gue dirawat, sebulan pula Rani bolak balik antara kuliah, menjaga gue, ngerawat gue, ke kost gue dan beres-beres di sana, sampai kadang dia tidur di sofa rumah sakit! Gila, gue pengennya Rani pergi saja, ga usah berkorban seperti itu ke gue. Tapi gue butuh Rani. Butuh ketulusan dan kebaikan cewek berhidung bangir itu. Berhari-hari dilewatkan bersama di rumah sakit, hati gue mulai suka padanya. Pada semua ketulusan hatinya. Suck gue!

Tiga bulan lewat sudah. Gue kembali hidup normal. Gue kembali ke kost gue yang dulu, namun teman gue yang pernah ngajak gue ke dunia hitam itu telah pergi entah kemana. Beruntunglah gue pemilik kost masih mau nerima gue kost di situ. Gue tobat dan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Gue bersyukur masih dikasih kesempatan memperbaiki semua kesalahan gue sama Allah. Gue kuliah lagi dan ketemu teman-teman gue. Tapi Rani kemana? Cewek itu seolah menghilang ditiup angin. Kadang gue sering ngelamun di kamar, berpikir tentang Rani. Gue harus menghubungi dia. Bagaimana? Gue ga tau nomor hpnya, ga tau kost-nya dimana, ga tau temannya yang sekampus ma gue. Rupanya Tuhan masih mendengar do'a gue, do'a cowok jomblo yang hampir putus asa. Siang pulang kuliah gue lihat Rani tengah duduk di serambi kost. Rani!!!! Hati gue bersorak gembira.

"Hei! Gue cari kemana-mana ga ketemu." katanya. Ah Rani, gue juga cariin elu! Gue kangen! ...... k a n g e n??? Pppffftttt.
"Tapi sekarang ketemu kan. Eh Ran. Gue juga sebenarnya cariin elu kemana-mana. Hm, gimana kalau elu temenin gue makan? Bentar yah gue ganti baju dulu." gue ajak Rani makan di warung dekat kost. Makanannya enak. Sambil makan gue ajak Rani bicara. Gadis manis itu tersenyum penuh arti.
"Ran, gue mau bilang thanks berat atas semua bantuan elu selama ini. Gue lagi ngumpulin kiriman di atm nih, ga ngambil banyak-banyak biar gue bisa gantiin semua duit lu Ran. Sorry kalau ga bisa cepat gue kembaliin duitnya." Rani terbeliak lalu tertunduk. Gue ... gue suka lihat dia tertunduk begitu. Suck! Sedetik kemudian bahunya terguncang-guncang. Dia menangis! Gue ga suka lihat cewek menangis!! Cepat-cepat gue selesaiin makan, membayar dan menyeret Rani keluar dari warung. Gue tarik tangan Rani ke kamar kost gue.

Betul dia menangis. Cairan bening itu menetes satu-satu di pipinya. Gue belai rambutnya, mengajaknya duduk dan bicara.
"Ran ... sumpah gue ga suka lihat cewek menangis. Plis Ran, jangan menangis disini, biarkan gue bicara." kata gue sambil menghapus air matanya dengan punggung tangan gue. Rani mengambil tisu, mengeringkan airmata di pipinya. Namun mata indah itu masih berkaca-kaca.
"Den, gue cinta elu, sudah dari dulu waktu masih smu. Gue telah dengan lancang mengirim surat ke elu, gue malu, tapi gue harus, harus membiarkan elu tau perasaan gue. Gue nekat ke rumah elu, berharap mata dan hati elu bisa lebih terbuka untuk gue. Tapi hasilnya, gue malah lebih malu lagi. Tapi karena cinta, gue nekat cari tau nomor hp elu. Gue tau elu kesal bukan main sama gue. Tapi gue, entah bagaimana caranya, ga bisa merubah cinta gue ke elu. Cinta ini seolah terbentuk dan membatu di hati gue tanpa bisa gue pungkiri. Sampai gue nekat ikut kuliah di Jogja, demi bisa lebih dekat elu. Temen gue kuliah di UGM, jadi gue bisa tau keadaan elu dari dia .... Gue akan terus membuntuti elu kemana pun elu pergi Den, sampai gue yakin, bila elu sampai menikah dengan cewek lain, elu bukan takdir gue. Tapi selama elu belum menikah, gue akan terus mengekori elu, terus menunggu elu Den ... maafin gue ..." tanpa jeda sedikit pun kata-kata itu mengalir dari bibirnya. Inikah cinta?! Deny, ini lah cinta! Ga perlu kata-kata romantis, tapi buktikan saja. Gue masih ingat surat Rani dulu itu, ga ada kata-kata romantis sama sekali. Tapi Rani sudah membuktikan ke gue, kalau dia cinta gue.

Gue diam. Bukan karena gue kesal atau marah. Tapi gue mengkaji semua ini. Gue memang menikmati ke-jomblo-an gue selama ini. Gue lebih memilih menjomblo ketimbang pacaran dan disibukkan dengan urusan yang ga ada penting-pentingnya sama sekali. Tapi kasus ini berbeda. Cinta Rani pada gue, melewati begitu banyak duri. Haruskah gue menolaknya lagi? Mengingat hati gue sendiri sudah bisa menerima kehadirannya? Dukungan moril darinya amat membantu kesembuhan gue dulu. Haruskah gue terus menerus membiarkan cewek ini berkubang penderitaan gara-gara cinta dia ke gue? Masih gue ingat kata-katanya dulu saat nekat datang ke rumah gue "Den, gue cinta elu. Sumpah, berbulan-bulan gue nunggu balasan surat dari elu, tapi ga satu pun surat itu datang. Den, gue manusia, punya rasa. Gue rasa elu juga manusia kan? Punya rasa juga kan?" Yeah, gue juga manusia. Punya rasa yang bisa berubah-ubah juga.

"Den ..?? Hmm .. gue pulang dulu yah .." Rani membuyarkan pikiran gue. Rani berdiri, mengambil ranselnya hendak pulang.
"Ran .. tunggu ..." kata gue.
"Gue memang akan selalu menunggu elu Den. Selalu ..." jawab Rani.
"Maksud gue, gue masih ingin bicara .. well, meskipun dari tadi gue ga bicara sepatah kata pun .." gue sadar. Rani tersenyum manis. Kembali duduk di hadapan gue.
"Oke .. " gue tatap bola matanya yang indah itu. Makhluk manis yang ditawarkan Tuhan untuk gue. Yang pernah gue tolak mentah-mentah. Gue bersyukur, Tuhan masih meluruskan cinta cewek ini buat gue. Gue yang ga tau malu, yang suka ngejomblo, yang ga berani ngambil resiko jatuh cinta!
"Ran, dengar yah ... dengar baik-baik. Gue, Deny, hari ini bilang ke elu. Gue cinta elu .." mata Rani terbeliak. Antara percaya dan tidak.
"Tap .. tapi Den .. bukan maksud gue ..." gue raih jemarinya.
"Ran, you change my life completely. No tendens, just by love. Cinta elu telah menyentuh nurani gue yang paling dalam meskipun butuh waktu bertahun untuk itu. Elu sanggup merubah patung menjadi manusia ber-hati, berperasaan. Gue tau, gue bukan cowok baik dan tepat untuk elu, tapi gue akan berusaha untuk itu. Gue akan membayar semua pengorbanan elu selama ini." gue tulus.
"Deny ... jangan bilang begitu setelah apa yang gue lakukan selama elu dirawat di rumah sakit. Siapa pun pasti akan melakukannya untuk elu. Sebagai sesama manusia, teman sekolah ..." Rani melepaskan jemarinya dari genggaman gue.
"Tidak, bukan karena itu .. tapi karena cinta elu telah merubah diri gue, menjadi manusia seutuhnya. Manusia yang punya perasaan. Gue jadi mengerti cinta itu seperti apa. Gue ga tau harus bilang apa Ran, untuk hari ini gue hanya bisa bilang, gue cinta elu .. gue cinta elu Ran .. Please, kasih gue waktu untuk membuktikannya." gue raih tubuhnya, mendekapnya erat. Ternyata disini, di dirinya, gue temuin arti cinta dan mencintai. Gue temuin arti hidup. Ngejomblo memang menyenangkan, tapi ga ada tantangan mempertahankan sesuatu di dalamnya. Tak ada kata-kata lagi, hanya tangis bahagia yang keluar dari mata indah itu. Gue benci cewek menangis! Tapi melihatnya menangis dalam senyum, gue terharu. Terharu pada ketegaran cinta Rani. Rani, maafkan gue!

Saat ini gue juga ga perlu buka kamus untuk mencari arti kata cinta atau pacaran seperti dulu saat gue ga ngerti arti kata jomblo. Gue defenisikan sendiri saja. Kata kuncinya, cinta = indah. Hu`uh, itu lah yang gue alamin. Gue ga bisa bertahan menjomblo. Ego gue runtuh karena cinta Rani. Ibarat batu cadas yang bisa berlubang karena ditetesi air terus menerus. Itulah gue. Toh meskipun gue ga sendiri lagi, gue masih bisa melakukan kegiatan apa pun yang gue suka. Gue masih gitaran di kamar kost, masih suka ke kantin bareng teman-teman dan hunting filem terbaru. Gue masih bisa melakukan apa pun meskipun gue ga menjomblo lagi. Ouf Rani, don't you know, now, everything you do make me wanna go ugh ugh ugh ugh!! Ga jomblo lagi!

tootyee, 14 Feb 2004

0 Commenti:

Posta un commento

Iscriviti a Commenti sul post [Atom]

<< Home page